Jalan Jalan ke Pasteurisasi Susu Sapi Gundaling Farm, Berastagi

By Wina Silfanna - Kamis, Februari 09, 2017

Aku bukan termasuk penikmat susu sapi murni, kecuali yang udah ditambah rasa seperti coklat, strawberry, dan lain lain. Waktu itu seorang teman datang ngajak jalan jalan untuk menikmati susu sapi di Berastagi. Karena sudah lama tidak main main yang sedikit jauh dan belum pernah ke Berastagi dengan kreta (motor), ga papa la ikut kesini.

pasteurisasi susu sapi gundaling berastagi


jalan ke pasteurisasi susu sapi gundaling berastagi
lupa ini pas pergi atau pulang

Perjalanan yang memakan waktu sekitar dua jam ini terasa menyenangkan karena tidak terlalu macet dan kondisi jalan menuju tujuan juga mulus. Kami ke Gundaling Farm melalui simpang tiga yang di sekitarnya ada beberapa penjual bunga dan tidak jauh dari simpang Tugu Jeruk Berastagi. Belok kanan dan sisanya terus saja di jalan yang cukup banyak bolong bolongnya sampai ketemu gerbang bertuliskan Gundaling Farm. Di pertengahan jalan, sempat berhenti juga untuk membayar "retribusi" sebesar Rp.5.000.

jalan ke pasteurisasi susu sapi gundaling berastagi
mohon bersabar dengan ujian yang satu ini

pasteurisasi susu sapi gundaling berastagi
liat sapinya pake teropong aja ya :p

Sampai disini ternyata peternakan sapi Gundaling tidak seperti yang saya bayangkan. Semua sapi ada di kandang yang jaraknya cukup jauh dari kami, jadi pengunjung hanya bisa melihat sapi dari jauh saja. Tapi tempat ini bersih dan tertata dengan baik sehingga bagus juga untuk berfoto.

Untuk kita yang ingin menikmati susu sapi segar dan yogurt langsung di tempat, disediakan beberapa meja dan kursi coklat dari kayu yang harus berebut juga ketika weekend. Tersedia juga beberapa tong sampah biar ga bingung mau buang cup susunya kemana.

pasteurisasi susu sapi gundaling berastagi
semua kebagian kok, kalau ternyata abis kan bisa datang lagi xD

daftar harga di pasteurisasi susu sapi gundaling berastagi


Cerita tentang susu sapinya, disini tersedia susu sapi murni dan ada juga yang sudah ditambahkan rasa yaitu vanilla, coklat dan strawberry. Untuk ukuran tersedia ukuran cup kecil seharga Rp.5.000/cup dan per liter dengan dua kemasan 500ml seharga Rp.20.000/liter. Tersedia juga beberapa rasa untuk yogurt dan kami pilih yang besar dengan rasa strawberry.

pasteurisasi susu sapi gundaling berastagi


yogurt pasteurisasi susu sapi gundaling berastagi


Kami beli satu liter susu murni dan beberapa cup susu yang rasa coklat dan rasa strawberry. Aku lebih milih yang cup dengan rasa strawberry, ketika ditawarin yag susu murni, sempat ragu juga tapi akhirnya jadi penasaran mau coba karena keliatannya segar kali. Ga nyangka, susu disini ternyata sama sekali ga buat mual. Karena enak jadi tambah lagi pesan susu murni untuk di rumah. Oh ya, susu segar ini bisa tahan sampai seminggu, tapi buat kami tiga hari aja udah habis hahaha.

Nah disini juga ada yogurt dengan empat pilihan rasa yang bisa dicoba, Vanilla, Strawberry, Mango, dan Blueberry. Saran seorang teman yang sebelumnya kesini, yang paling enak itu mango, rasanya paling manis diantara yang lain. Sayangnya waktu itu mango sudah habis jadi kami memilih dua botol yogurt ukuran seliter rasa Vanilla dan Strawberry.

Setelah menghabiskan yogurt, beberapa cup susu, dan menikmati udara sejuk sekitar satu jam, kami pun melanjutkan perjalanan keliling Berastagi.



  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. sebagai pecina susu aku mau cobaaaa~ semoga ada kesempatan berkunjung ke tempat ini, amiin!

    suika-lovers.com

    BalasHapus
  2. Beda sama mbak yang komen di atas, aku bukan pecinta susu. Malah gak bisa minum susu hahaha. Tapi namanya jalan-jalan tetap mau dooong :)

    omnduut.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalan jalan kesini pun boleh mas, asik juga tempatnya :D

      Hapus
  3. Eh, beneran susu murninya gak bauk? Biasanya kan bauk kan? Aku gak suka susu, apalagi yang masih ori. Tapi Kalo sudah diolah jadi minuman atau makanan baru rasanya enak. Kek coklat gitu. Hehehe salam kunjung balik

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mba ga terlalu bauk, ga nyangka juga karena biasanya ga tahan minum susu putih

      Hapus